Tips Cari Mobil Second (Prefer MPV)


Jadi Joki udah 1 tahun lebih ini, dapetnya Mitsubishi Kuda GLX Tahun 2000, hanya dengan 40juta rupiah. Satu tahun bersama, begitu banyak nguras modal dandan. Seharga beli mobil nya sih udah tembus, padahal mobil ane masih bisa dibilang standar. Tapi hikmah dibaliknya, ane yang bener-bener tanpa pengetahuan tentang mobil mendapatkan kesempatan mengenal setiap jeroan mobil ane. Ga bisa benerin, minimal tau masalahya.

P_20160112_152259.jpgSayangnya lg, ane terlanjur jatuh cinta sm performa tarikan KD (Kuda Diesel) yg super sekali. Jadi, berdasarkan pengalaman pengen sharing2 nih.

Ane biasa nyatetin modal yang dikuras sm KD ane, krn kerjaan ane akrab banget sm Excel, nyatetnya di excel.😀

Sebelum nebus Kuda (atau mobil kelas MPV lainnya, karena ane belum pernah punya Sedan dan lainnya), alangkah baiknya pembaca yang budiman memeriksa hal-hal berikut, biar setidaknya ga kejadian jg baru setaon udah jajan 40 juta lebih.😀
Dan tentunya dapat memperkirakan harga yang pantas buat Mobil second incaran anda.

Silahkan klik di sini untuk ambil file excelnya : Catetan

Semoga bermanfaat…

Pengusulan CPNS menjadi PNS – 2013


Hummm., tak terasa setengah tahun berlalu sejak terakhir bersama rekan-rekan CPNS di diklat prajabatan.

Nah, khusus yang di Sumsel nih yaaa. Per Desember ini kami mendapatkan informasi (tidak resmi/ lisan) dari Kanwil utk semua CPNS di Sumsel SEGERA mengajukan usulan pengangkatan PNS 100% ke kanwil.

Pengajuannya kolektif per kantah yaaa.. CPNS BPN 2013 Provinsi Sumsel

Utk diketahui, ini berkas2 yang mesti dilampirkan:

Pengantar dari Kantah

  1. Fotocopy Legalisir Surat Keputusan Pengangkatan CPNS
  2. Fotocopy Legalisir Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan
  3. Fotocopy Sertifikat Pendidikan Pembekalan Disiplin (Gol III kabar blm dpt, tidak perlu)
  4. Surat Keterangan Uraian Tugas (donlod contoh)
  5. Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil Tahun 2014 (donlod contoh)
  6. Fotocopy Legalisir Surat Pernyataan Melaksanakan Tugas
  7. Fotocopy Legalisir Ijazah dan Transkrip
  8. Ha!sil Pengujian Kesehatan dari Majelis Penguji Kesehatan Tersendiri di Palembang
    (utk gol II di Puskesmas Merdeka boleh, gol III harus di rumah sakit, rekomendasi:  RSUP Moh. Hoesin Palembang) Pengantar Suket Sehat Jasmani

Pengan!tar, No. 4, dan Tambahan No. 5: Pengajuan Pengangkatan

No. 5 FORMULIR SKP HAIDIR

Any questions??? Invite me here : 7E50AA72

Semoga bermanfaat…🙂

UPDATE NEWS!

Ada tambahan sedikit yaa kelupaan. Semua berkas tersebut disiapkan 3 rangkap utk ke kanwil. 1 rangkap arsip kantah, 1 lg arsip pribadi. Jd total 5 rangkap.

nah, sertakan jg 1 pas foto hitam putih, pakaian tdk ditentukan ukuran 3×4.

Ingat. Harus kolektif setiap kantah. Serahkan ke bagian Kepegawaian. Jangan lupa tanda terima.😉

Kenangan Diklat Prajabatan CPNS BPN RI 2014 (Part 2)


Pada kesempatan ini, saya menyambung artikel saya yang pertama judulnya Kenangan Diklat Prajabatan CPNS BPN RI 2014 (Part 1).

Untuk artikel ini, saya ingin bercerita mengenai kesan mendalam yang saya peroleh selama mengikuti diklat ini.

Pertama, mungkin saya perlu memberikan deskripsi tempatnya duluuu yaa.

About PPMKP

Kami dari gelombang 1, mengikuti diklat yang diselenggarakan di PPMKP (Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian) di Gadog, Ciawi-Bogor. Persisnya kami di Komplek BUMI.

Info dari panitia, PPMKP ini berada pada lahan seluas 24 hektar! (kurang paham yg begituan) hehe

Trs, disana ngapain? Mengesankan dah!

Diklat yang kami ikuti diselenggarakan selama 19 hari, untungnya hari minggu dan tgl merah, aktivitas diklat juga libur (bisa recharge tenaga).😀

Daily Activity

Selanjutnya biar ga panjang lebar, langsung deh ini urutan aktivitas yg biasanya dijalani setiap hari:

  • Bangun pagi jam 4, Sholat Subuh
  • Senam pagi, makan pagi (utk menu, PPMKP lebih oke drpd Rindam)
  • Materi sampe siang (ada break jam 10an, istilahnya “Coffee Break”)
  • Makan siang (Oia, setiap makan mesti berbaris apel gt dah)
  • Lanjut materi (Coffee Break lg skalian Ashar)
  • Lanjut materi mpe sebelum maghrib, Sholat maghrib
  • Berikutnya makan malam dan lanjut materi lg di jam 7 malam mpe jam 9
  • Setiap hari ditutup dg apel (sekitar jam 10 lg kelarnya)
  • Note: materi jg ada dikelas, ada di lapangan. Dikls yaa bljr (ada 14 judul pelajaran), dilapangan? Disini lebih fun, wlwpun tetep ada yg namanya PBB (Peraturan Baris-berbaris)😀

Tips

Nah biar ga ngebosenin, langsung aja apa nih tips nya:

  1. Berbeda dengan Rindam yg judulnya pembekalan, dalam Diklat dipertaruhkan nasib kita krn ada lulus/tidak lulus. Sedangkan syarat menjadi PNS yg ga pake “C”, yaa mesti lulus Prajab. Jd, tanamkan dalam Pola Pikir anda untuk mengikuti semua kegiatan dg Optimal bahkan Maksimal.
  2. Nah untuk menentukan Lulus/Tidak, panitia (diatur oleh Lembaga Administrasi Negara) menerapkan pola penilaian dg porsi 60% Sikap dan 40% Penguasaan Materi. Gimana nilainya? 60% dinilai dari sehari-hari (nakal dpt minus, aktif dpt plus). Ntar ada panitia yg berkeliaran bawa catetan mulu. 40% nya lagi diperoleh dari hasil evaluasi tertulis dipenghujung Diklat.
  3. Berdasarkan pengamatan pribadi, bagaimana mendapatkan nilai untuk Lulus? Kriteria lulus adalah total nilai minimal 70. Untuk dpt angka itu caranya: Patuhi setiap aturan agar aman dari minus, ikuti pembelajaran secara aktif baik di kelas maupun di luar kelas biar dpt plus.
  4. Apa sih yang bikin minus? Atribut pakaian tidak lengkap (kelupaan), pakaian melanggar standar aturan, terlambat dari jadwal, ribut (ngerumpi, bercanda, ngobrol mesti pilih2 tempat yaaa), itu2 aja sih. Intinya kalo melakukan yg tidak baik, sengaja/ tidak yaa dapet minus.
  5. Gimana dapet plus? Yg ini malah yg seru. Caranya yaa aktif di kelas (bertanya, menjawab, jd pengurus, ikut piket, bantu beres2 di ruang makan/kelas). Intinya sih yaa jadilah manusia yg berbuat baik dan berprilaku sbg yg terbaik. Krn PNS adalah pelayan masyarakat yg diatur oleh berbagai peraturan, jadilah CPNS yg taat aturan dan menghindari larangan, maka jalan menuju PNS Reformasi Birokrasi akan lancar. Niscaya!
  6. Terakhir, bagaimana agar nilai evaluasi tertulis yg 40% bisa optimal? Caranya, Berdoa sebelum belajar dan nikmati pembelajaran biar apa yg disampaikan terekam dg baik di Otak Kanan anda. Belajar diluar jam pelajaran jgn diforsir, akan percuma kalo udah jatuh sakit. Mudah2an materi yg diujikan lebih kepada Pemahaman dan Wawasan yg diperoleh dari pembelajaran. Jgn banyak menghafal deh (saraaaan) hehe

Yapp., demikian pengalaman yg bisa saya ceritakan. Segala sesuatunya situasional dan tidak berlaku mutlak pada Diklat ditempat lain yaaa…

Mudah2an bisa menjadi referensi agar lebih siap berupaya menjadi yg terbaik dan antisipatif dari segala kemungkinan yg tidak baik.

Kalo pengen tau cerita yg lebih melebar-lebar, dipersilahkan nih baca artikel yg ini: Diklat Prajab BPN 2014 Keluarga Angkatan 7

Salam Perubahan!😀

Jeeeeezzzz aaaahhhh!!!

Angkatan 7! Jeeezz aahhh!!!

Kenangan Diklat Prajabatan CPNS BPN RI 2014 (Part 1)


Diklat Prajabatan? Kebanyakan mungkin sudah sering mendengar istilah ini bahkan mungkin pernah menjalaninya. Disini saya ingin menceritakan pengalaman saya mengikuti diklat Prajabatan.

Saya lulus sebagai CPNS setelah mengikuti seleksi rekrutmen dari Badan Pertanahan Nasional (BPN)- RI di tahun 2013. Dengan background pendidikan D3 Komputerisasi Akuntansi, saya mengisi formasi sebagai calon Bendahara di Kabupaten Banyuasin-Sumatera Selatan. Singkat cerita, saya ditugaskan mengikuti diklat prajabatan yg dilaksanakan Instansi secara terpusat pada bulan Mei-Juni 2014.

Buat referensi, ni checklist perlengkapan yg saya bawa dikoper: Perlengkapan Prajab

di Rindam JayaKami ditugaskan mengikuti pembekalan diklat terlebih dahulu di Rindam Jaya. Tau Rindam Jaya? Ya! Resimen Induk Daerah Militer Jayakarta- Jakarta. Pembekalan diselenggarakan selama 6 hari. Bagaimana rasanya? Wah luar biasa!😀

Sedikit gambaran aktivitas monoton setiap hari yang kami ikuti nih:

  • Bangun pagi jam 4, Sholat Subuh
  • Senam, pembersihan, makan pagi (bukan sarapan yaaaa)😀
  • Materi sampe siang (ada break jam 10an, istilahnya “Extra Fooding”)
  • Sholat Zuhur trs makan siang
  • Lanjut materi (Extra Fooding lg skalian Ashar)
  • Lanjut materi mpe maghrib, Sholat maghrib
  • Berikutnya makan malam dan lanjut materi lg
  • Setiap hari ditutup dg apel (sekitar jam 10 kelarnya)
  • Mlm? Bisa cepet2 tidur. Tp ada giliran piket jaga barak, gt trs tiap hari.
  • Note: materi ada dikelas, ada di lapangan. Dikls yaa bljr, dilapangan? Kira2 materi lapangan dr TNI apaaa yaaa?😀

Tidak terasa 6 hari berlalu (“tidak terasa???” :D), Ngantuknyaaa ituu looh kagak nahan. Jgnkan duduk, berdiri pun bisa tertidur. WkwkwkwkWkK…

Kelar pembekalan, berangkatlah kami menuju Pusdiklat. Sedikit info, krn suatu kondisi diklat kami dari BPN yang terbagi menjadi 3 gelombang dilaksanakan di 2 tempat. 2 gelombang nebeng di PPMKP Ciawi (Pusdiklat Kementerian Pertanian), 1 gelombangnya lg di Pusdiklat BPN. Scr peserta diklat totalnya 517 orang. hhehe

Bagaimana kegiatan diklatnya? Ada tips bagus? Kita sambung di Part 2 yaaaa.😉

Sejarah Pagar Alam, Desaku : Desa Pelajaran yang Mempesona


GambarDesaku ini adalah sebuah desa terujung dipelosok daerah yang berada di Kecamatan Jarai, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan. Konon sejarahnya, nenek moyang yang membangun desa ini masih dalam tahap belajar. Sehingga lekatlah dengan nama Desa Pelajaran.

Baca lebih lanjut